Paket True Unlimited Smartfren 4G LTE Ternyata HOAX

Seperti yang kita ketahui bahwa smartfren adalah salah satu provider yang sangat terkenal akan kemurahannya (paket). Dilihat dari sisi harga dan penawarannya, dulu saya sudah menjadi seorang blogger (Namun Pasif) dan dulu juga saya pernah terjebak kedalam paket smartfren unlimited bulanan 50rb (Dulu 2013-2014). lho kok terjebak? ya, karna smartfren menawarkan paket bulanan UNLIMITED dengan harga hanya 50Rb tapi dikenai FUP 2GB. waduh, menurut pengalaman saya 2GB cuma awet sampe 1 - 2 Minggu aja. setelah itu kecepatan dikurangi Hingga 10Kb/s (anjirr :v ). Namun anehnya seperti ada yang menghipnotis saya untuk terus menggunakan Smartfren. Hingga akhrinya setelah kira kira 2 tahun saya sadar, pake smartfren itu borosnya minta ampun. dan saya pun beralih menggunakan kartu 3 ^_^



Nah, smartfren pun tidak kapok untuk menyediakan paket yang menjebak. munculah paket Smartfren True Unlimited untuk Jaringan 4G LTE dengan harga hanya sekitar 300Rb. Namun ada Promosi!

wow, Promosinya tidak tanggung tanggung. smartfren memberikan harga True Unlimited hanya dengan harga 75 ribu rupiah (Syarat dan ketentuan Berlaku). Namun ada beberapa hal yang ganjil pada pelayanan True Unlimited ini. Banyak yang bilang ini adalah paket paling Hoax (Nipu/Bohong/lainnya). Mari kita simak pengalaman teman kita Diaz Makasa.



Pikir baik baik sebelum memutuskan membeli paket TRUE UNLIMITED Smartfren, saya adalah satu korban tidak transparannya Smartfren memberlakukan SKB yang tersembunyi. Nomor smartfren saya

adalah 08824xxxxx04

Kronologis

Tanggal 3 nopember saya ke Galeri smartfren makassar karena tertarik dengan promosi True Unlimited Smartfren yang
menjual paket internet itu seharga 75.000/bulan tanpa batas quota dengan syarat membeli salah satu handphone Andromax atau Hisense Pureshotnya.

Setelah membaca syarat dan ketentuannya, saya tanyakan ke Customer Services yang melayani saya, apakah paket ini bisa di share via HP (Thetering/Hotspot), jawabnya "bisa pak" asal tidak dipindahkan ke modem atau digunakan untuk P2P (torrent). Setelah menimbang-nimbang, akhirnya saya mengambil Hisense Pureshot dan CS mendaftarkan paket internet True Unlimited dengan harga 75.000.

Tapi saya hanya menggunakan internet dengan kecepatan tinggi ini selama 3 hari, setelah itu masalah mulai muncul, tanggal 6 nopember, kecepatan internet yang katanya True Unlimited itu tiba tiba dibatasi hanya 256kbps. Saya kembali ke Galeri Smartfren untuk komplain, disana CS juga tidak bisa memberikan jawaban, dan akhirnya mempertemukan saya dengan bagian tekhnikalnya yang bernama saudara Andra, dia meminta nomor saya yang katanya masalah ini akan di bawa ke pusat.

Dua hari kemudian, Andra menghubungi saya via WA yang katanya saya "melanggar" aturan karena melakukan THETERING, itu dianggap sama dengan memindahkan kartu ke modem/router. Saya tidak terima dengan alasan itu, karena diawal pembelian saya sudah menanyakan dan itu bukan hal yang dilarang, tapi saudara Andra pun tidak bisa memberikan solusi yang jelas, dia hanya bilang itu informasi dari pusat.

Selanjutnya pada tanggal 8 nopember saya menelpon ke 888 untuk pelaporan mengenai masalah ini, setelah laporan saya diterima, beberapa jam kemudian ada teknisi yang menelpon saya, tapi karena lagi sibuk, saya tidak sempat menerima panggilan tersebut. Saya kemudian mencoba speed test dengan harapan speed sudah kembali normal, dan voila, speed internet tiba tiba normal kembali, tapi sayang, speed normal itu hanya di berikan antara pukul 18.00-21.00, diluar jam itu, speed internet saya kembali di limit, dan speed PHP itu hanya diberikan selama 2-3 hari..

Saya kembali menelpon 888 dan menanyakan hal itu, seperti biasanya teknisi menghubungi saya kembali dan bilang masalah ini akan di investigasi, dan itu berulang ulang saya lakukan sampai 5 kali dan tidak pernah ada solusi sama sekali.

Smartfren tidak punya aturan jelas soal True Unlimited ini, satu CS bilang Thetering tidak apa-apa, tapi CS lain bilang Thetering melanggar, padahal jelas SKB yang dipublish di website Smartfren menyatakan bahwa yang tidak boleh dilakukan adalah memindahkan kartu ke modem/router atau menggunakannya untuk Peer2Peer (Torrent), yang lucu, ada seorang CS mengatakan mendownload dengan software Internet Download Manager adalah bagian dari Peer2Peer, ini menunjukkan ketidakpahaman CS Smartfren terhadap Product Knowledge mereka sendiri.

Tidak ada batasan yang jelas yang diberikan kepada customer, hanya soal P2P dan penggunaan pada Modem yang gamblang, saya tidak melanggar kedua aturan itu, tetapi kenapa speed internet saya dilimit sampai 256kbps tanpa alasan yang jelas.

Satu lagi logika absurd smartfren dalam memberlakukan aturan, misalnya soal dilarang menggunakan di modem/router, apa bedanya dengan menggunakan di HP yang notabene punya modem dan fungsi routing juga ? salah satu CS di Galeri Smartfren mengatakan bahwa kalau di modem, user bisa menggunakan untuk mendownload file2 besar, lah emang di HP gak bisa ?

Kesimpulan :
Smartfren setengah2 dalam menjual paket True Unlimited ini, kata-kata "TRUE" dan "Tanpa FUP" hanyalah gimmick marketing mereka, aturan yang dipublish pun menggunakan kata bersayap, multi tafsir.
So berpikir lah sebelum anda terjebak

Sumber : https://www.facebook.com/notes/diaz-makasa/hoax-paket-true-unlimited-smartfren/111624399203905



Nah, setelah membaca artikel diatas semoga pihak Smartfren dapat lebih Bijak. Terimakasih
akbar

www.muhakbar.com - menulis artikel, ngoding, desain, dan mengamati sepak bola adalah kegabutan saya.

33 Komentar

Bagaimana Tanggapan anda mengenai Artikel Diatas ?

  1. Kelihatannya paket TU ini memang ada batas FUP nya yaitu di 30an GB. Saya sudah alami kok... http://www.pandebaik.com/#/2015/11/17/tentang-paket-true-unlimited-smartfren-4g-lte-sejauh-ini/
    Paca 30 GB lewat, kecepatan maks hanya sampai pada 128 kbps saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake yang wajar aja, gak usah berlebihan. saya mah hape nokia x202 udh cukup :D

      Hapus
  2. emg pd nipu gan operator mah,...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini namanya strategi bisnis mas :D

      Hapus
    2. strategi sih boleh saja tapi tanpa tipu-tipu atau menghalalkan segala cara, tidak barokah

      Hapus
  3. mau bangkrut tuh !!!

    BalasHapus
  4. Kontoll 75 mau puas ngewe ame kucing aje bro !

    BalasHapus
  5. Kontoll 75 mau puas ngewe ame kucing aje bro !

    BalasHapus
  6. wkwkkw. kalau kaga boleh di jadiin hotspot. atau di pindahkan ke modem. apalah guna True Unlimited itu.
    seberapalah penyimpanan hp itu? . kalo cman mau streamingan banyak Paket yang lebih hemat walaupun kuota. -_- . 10gb aja udah lumayan itu kalo streamingan di hp atau download anime.
    Ato pke paket smart plan 60rbu cmaan. kena fup masih bisa selancar di internet. walau gtu lh

    BalasHapus
  7. makanya speedy udah paling true gan 200 rebu unlimit kecepatan udah mayan lah gaada batesan kuota lagi kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha speedy/indihome kan ada FUP nya sekarang gan.. itu juga lagi banyak yang komplain.
      Kayanya memang internet itu barang mahal di indonesia, kalaupun ada yang bilang murah pasti banyak kekurangannya.

      Hapus
  8. bulan kmren aku bli hp smart andromax skarang udah mau 1 bulan.alhmdulilah lom ada kendala,ga tau kedepanya

    BalasHapus
  9. jebakan batman mulai ditebarin oleh smartfren,siapatau true unlimited sewaktu2 tidak berlaku lagi saat hp andromax nya target unitnya tembus dipasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi ini jebakan betmen. keren juga teori agan yang satu ini :D

      Hapus
  10. Kalau pake yg 75rb itu memang dilimit tapi saya True unlimited 50rb/minggu gk dilimit, Saya pake 50rb/minggu udah sampe 243gb masih lancar itu pun saya thetering ke laptop setiap hari, yg penting tidak download pake torent atau internet download manager.
    supaya tidak kena limit coba pakai avant downloader di pc

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh. begitu ya mas, saya baru tau. terimakasih infonya ya mas :D Bermanfaat sekali

      Hapus
    2. Mas mungkin anda dilimit karna pake harga promo 75rb/bln karna harga asli true unlimited itu 10rb/jam,25rb/hari,50rb/minggu,300rb/bln

      Hapus
  11. Saya beli kartu internet smartfren 4g lte dan sudah habis kuota tapi masih aktif rencana mau dipaketkan yg true unlimited 50rb/minggu, tolong infokan caranya pak?
    Saya kebetulan ga punya pc di rumah jadi pc ya cuma di kantor dan internet langganan kantor lah cuma bwt kerja,paling sesekali duakali nnton yutub habis mkn siang saja.
    Nah kalau udah di rumah saya suka donlot filem serial tv, ya cuma 1 atau 2 episode saja sesudah itu nnton yutub kebetulan lagi demen pemprov dki kan kita kayak hadir di rapat jadi bisa sampai 1jam an. Klo libur say kadang donlot filem ganol pak yg notabene 720p, Dulu saya pakai mentari yg bonus 10gb pak tapi sekarang sudah hilang. Dan bahwa benar indonesia dengan semarak 4g saya jadi ikutan tren yutub pak..mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya coba carikan ya mas, tp sya gk janji :)

      Hapus
    2. Mas adi kalu mau paket true unlimited 50rb/minggu cari di app mysmartfren/package/paket lain/unlimited kalau belum ada pertama daftar paket 1,75gb 50rb/bln lalu muncul menu baru di app mysmartfren di menu package/paket lain/unlimited disitu ada paket baru yaitu true unlimited 10rb/jam,25rb/hari,50rb/minggu. Lalu daftarkan paket true unlimited 50rb/minggu. paket true unlimited mingguan bisa didaftarkan bersama paket lain jadi nanti mas bisa punya 2paket dalam satu waktu. paket true unlimited 10rb/jam,25rb/hari,50rb/minggu hanya bisa digunakan pengguna kartu 4g prabayar dan menggunakan hp andromax 4g bukan mifi

      Hapus
    3. Trimakasih mas, jadi point intinya harus hp andromax ya kalau mrnggunakan paket true unlimited? Harus dengan berlangganan dua paket berbeda ya mas ga bisa stand alone?
      Tapi gini mas hp saya zenfonr2 itu bisa internet 4g dari smartfren. Hanya pakai di hp saja dan ga pernah thetering atau pakai torent.
      Kendala selanjutnya setiap saya isi pulsa langsung di ubah jadi kuota data(KB/MB) tanpa prsetujuan pengguna. Jadi ya bingung masukin nominal pulsa rupiah yg akan kita tukarkan dengan paket2 tertentu di aplikasi mysmartfren. Apakah bisa daftar true unlimited via sms di hp cdma biasa? Soalnya saya coba di hp cdma biasa langsung banyak sms notif masuk padahal di hp zenfone ndak bisa tlp/sms..terimakasih

      Hapus
    4. 1.kartu 4g milik mas itu pake sistem connex evo jadi saat isi pulsa langsung jadi kouta, kartu mas gk bisa paket true unlimited.
      solusinya: coba beli kartu smartfren biasa(prabayar/bukan 4g) lalu registrasikan atas nama mas dan bawa ke galery smartfren minta migrasi kartu ke 4g (biaya migrasi ke 4G tergantung galery).
      2.sepengalaman saya kartu 4g kalau dimasukan ke hp cdma biasa nanti hpnya layarnya jadi blank putih karna saya perna coba di andromax C3,samsung CDMA(lupa tipenya),sama smartfren extream kaya gitu jadi blank semua.
      3.true unlimited mingguan itu saya pertama kali daftar digabungkan sama paket lain setelah itu bisa didaftarkan stand alone.
      4.true unlimited smartfren cuma bisa didaftarkan lewat mysmartfren gk bisa lewat sms + connex evo dulu bisa diubah ke prabayar sekarang gk bisa

      Hapus
    5. Terimakasih mas jawaban yang kpmunikatip dan informatip. Nanti coba saya cari perdana smartfren baru. Mumpung mendekati weekend nih.haha

      Hapus
  12. Gan, kan di dket rmh ane kn ad yg jual kartu 4g smartfrennya yg ad tulisan bonus kuota. Nah, klu yg itu bsa paket TU gk ?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini saya kutip dari website resmi smartfren,

      2. Bagaimana cara mendapatkan TRUE UNLIMITED?

      a. Paket TRUE UNLIMITED dapat dibeli dengan harga khusus Rp 75,000 (Harga Normal Rp 300,000) oleh pengguna nomor Smartfren yang di-bundling dengan Andromax 4G LTE (Q,Qi,R,Es,Ec) & Hisense Pureshot.

      b. Paket TRUE UNLIMITED dapat dibeli melalui Aplikasi My Smartfren atau website my.smartfren.com

      c. Masa berlaku Paket TRUE UNLIMITED adalah 30 hari dan bersifat auto renewal. Paket akan diperpanjang secara otomatis di akhir masa berlaku paket selama pulsa yang dimiliki pelanggan mencukupi.

      berdasarkan info diatas, kartu yang mas naufal beli bisa dipaketkan TU dengan syarat dibeli melalui aplikasi my smarfren atau website my.smartfren.com

      Hapus
    2. Oke gan,, makasih bnyak bwt pencerahannya. Ane soalny dri Mifi, makany gk bsa rubah paket.

      Hapus
    3. Smartfren itu emg pny brp jenis kartu ya ?. Nyatany gra2 bundling dri mifi, jadiny cmn bsa pakai EVO doank.

      Hapus
    4. 1.Mas kalau mau pake true unlimited itu beli perdana biasa lalu di migrasi ke 4G atau beli andromax 4G, cuma itu cara yang saya tau dari pengalaman saya.
      2.True unlimited tidak bisa digunakan melalui mifi.
      3.Kartu smartfren ada 3 jenis Prabayar(beli paket dengan pulsa baru bisa internetan), Pasca bayar(internetan dulu bayarnya belakangan), Connex EVO(Isi pulsa langsung jadi kouta)

      Hapus
Lebih baru Lebih lama