Memasang PP Facebook Bendera Indonesia Melanggar UU No.24 Tahun 2009

Setelah sebelumnya saya memberikan tutorial membuat filter Bendera Indonesia untuk Profile Picture Facebook, Belum genap 24Jam sudah banyak yang merespon di akun facebook saya. Ada yang memuji ada juga yang mengecam (Lebih tepatnya memperingatkan) bahwa tindakan saya ini adalah termasuk tindak pidana pelecehan Bendera Negara. Tapi saya pikir ini tidak melanggar apapun. Setelah saya bertanya "Kenapa ini disebut bisa di Pidana?" beliau menjawab bahwa tindakan ini termasuk melanggar Undang - Undang Dasar Nomor 24 Tahun 2009 Pasal 24 Tentang Tentang Bendera, Bahasa, Dan Lambang Negara, Serta Lagu Kebangsaan. Dari situ saya mulai cemas dan langsung search tentang UU Nomor 24 Tahun 2009. Ternyata benar, di pasal ter sebut membahas :

Memasang PP Bendera Indonesia Termasuk Tindak Pidana
Komentar Netizen terhadap pemasangan PP Filter Bendera Indonesia

UU No 24 Tahun 2009 (Tentang Bendera, Bahasa, Dan Lambang Negara, Serta Lagu Kebangsaan)
Pasal 24 
Setiap orang dilarang :

  1. (a) merusak, merobek, menginjak-injak, membakar, atau melakukan perbuatan lain dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Bendera Negara.
  2. (b)memakai Bendera Negara untuk reklame atau iklan komersial.
  3. (c) mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam.
  4. (d) mencetak, menyulam, dan menulis huruf, angka, gambar atau tanda lain dan memasang lencana atau benda apapun pada Bendera Negara. dan
  5. (e) memakai Bendera Negara untuk langit-langit, atap, pembungkus barang, dan tutup barang yang dapat menurunkan kehormatan Bendera Negara.


Dengan jelas di atas disebutkandalam point A :
a. merusak, merobek, menginjak-injak, membakar, atau melakukan perbuatan lain dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Bendera Negara.

Memasang PP Bendera Indonesia Termasuk Tindak Pidana
PP Bendera Indonesia, Boleh atau Tidak ?


bahwa kita dilarang merusak, merobek, menginjak-injak, membakar, atau melakukan perbuatan lain dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Bendera Negara.

Namun di PP Facebook saya hanya menimpa dan merubah Opacity Bendera Indonesia. saya pun tidak ada maksud menodai, menghina, ataupun merendahkan kehormatan Bendera Negara Indonesia.

Dikutip juga dalam Point D :
d. mencetak, menyulam, dan menulis huruf, angka, gambar atau tanda lain dan memasang lencana atau benda apapun pada Bendera Negara.

Nah, jika dilihat dari point ini saya memang bersalah karena saya menambahkan gambar lain di atas Bendera Negara Indonesia. Namun saya tidak bermaksud jelek disini saya hanya ingin mempercantik dan berinovasi karena orang lain pada memakai Bendera Perancis :D

Ya, pada intinya bagaimanapun hal yang merusak bendera dan merendahkan berndera negara itu yang salah. Entah tindakan membuat Filter Bendera Indonesia ini Salah atau Boleh. Yang pasti saya akan segera menggantinya jika memang tindakan ini salah. Bagaimana Pendapat anda?

*Ralat : UU No.24 Tahun 2009

Baca Juga : Game Battlefield 3 adalah game Simulasi Teror di Paris
akbar

www.muhakbar.com - menulis artikel, ngoding, desain, dan mengamati sepak bola adalah kegabutan saya.

217 Komentar

Bagaimana Tanggapan anda mengenai Artikel Diatas ?

  1. It's ok brother selagi kita ga berniat menghina, apa yg kita lakukan tidak bertentangan dengan undang2nya, saya juga pakai, mending pakai punya bangsa sendiri ketimbang bangsa lain, banyak kejadian di dalam negeri kita yg membutuhkan empati yg lebih besar, saya pikir dgn apa yg kita buat tanpa melnggar undang2 yg berlaku membuktikan kita adalah orang yg cinta tanah air

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju sama WONGLEON :)

      Hapus
    2. ini sama saja mengekang kebebasan berekpresi seyokyanya jika itu di gunakan untuk kebaikan dan bukan untuk kepentingan bisa dikatakan tidak masalah.. karna pada saat di buat UUD tersebut blm ada yg namanya media online seperti sekarang... dan yg terjadi haya persepsi dari apa yg terjadi saat ini.. tpi apa anda tau.. setiap media yg ada akan lain2 dan tak sama karna hasil dari persepsi sendiri merupakan kira2 dari orng yg menimpulkan..jdi gak mungkin sama.. klo semua mw nurutin pendapoat 1 ong contoh nurutin km... hahahaha besok km bisa melarang orng pacaran karna alasan dll contoh agama .. contoh di islam tidak ada kata pacaran.. pertanyaanya mang km nggak pernah ngerasain namanya pacaran wakwakk klo jwbanya nggak 100% boong.. jdi kesimpulannya menurut saya ....JANGAN SOK TAU.

      Hapus
    3. saya sependapat dengan #WONGLEON

      Hapus
    4. kamu ngomongnya muter-muter. Intinya apa? cyka blyat

      Hapus
    5. Bro, perlu ente ketahui media sosial online facebook didirikan tanggal 4 Februari 2004, dan pemerintahan Megawati pada waktu berkuasa dan para anggota dewan yang membuat Undang-Undang itu dengan pakar ahli tehnologi memberikan apresiasi tentang berkembangnya tehnologi dunia maya. Maka dari itu UU no.24 tentang bendera negara kita patutlah dihargai, agar dikemajuan pesat tehnologi ini rasa nasionalisme tetap terjaga. Semoga kita sebagai pemuda-pemudi penerus bangsa ini tidak mudah pudar untuk menghargai bendera negaranya sendiri.
      #SAVE_NKRI

      Hapus
    6. Ang cihuat. : ngomong apa lah kamu. Gak rasional dan gak nasionalis..

      Hapus
    7. slow gan itu ga melanggar :3 guru gw berkata selama buat kebaikan so it is oke ga ada masalah

      Hapus
    8. haha,, iya kalau bahan yang digunakan itu adalah material bendera indonesia..
      ini kan buat dari photoshop,.. contoh salah satu viideo clip ahmad dani yang pake background bendera indonesia pake lambang dewa 19 yyang dulunya dituntut, tapi nggak bisa karna background merah putih tidak sesuai dengan material bendera..

      Hapus
    9. Aneh, PP bukan bendera, ga bisa dipidana
      cari definisi bendera dulu, baru berasumsi

      Hapus
    10. Benar, di Undang-undang yg sama ada dibahas mengenai hal yg dimaksud sebagai bendera. Tidak semua benda merah putih lantas menjadi bendera Indonesia. Dalam mengadopsi UU kita tidak boleh setengah2. Kita harus memahami secara utuh

      Hapus
    11. Ya kalo menurut saya, ada baiknya kita tidak ikut berekspresi dgn edit foto diatas bendera indonesia. Toh masalahnya, fb membuat edit bendera prancis sbg rasa simpati thd negara prancis yg sedang terkena musibah. Sedangkan indonesia, bukan berarti yg mengganti pp mnjd bendera prancis tidak cinta indonesia bukan? Ttpi hny bermaksud utk menunjukkan rasa simpati pribadi.

      Buat ang ci huat: yg namanya kaya etnis tiong hua, tp ga seperti org berotak tiong hua. Hati2 ngkoh. Situ ngmg bawa agama org, TAU SARA GA? ati2 aja kalo ad yg laporin masuk bui kena uu ITE 😊

      Hapus
    12. Ya kalo menurut saya, ada baiknya kita tidak ikut berekspresi dgn edit foto diatas bendera indonesia. Toh masalahnya, fb membuat edit bendera prancis sbg rasa simpati thd negara prancis yg sedang terkena musibah. Sedangkan indonesia, bukan berarti yg mengganti pp mnjd bendera prancis tidak cinta indonesia bukan? Ttpi hny bermaksud utk menunjukkan rasa simpati pribadi.

      Buat ang ci huat: yg namanya kaya etnis tiong hua, tp ga seperti org berotak tiong hua. Hati2 ngkoh. Situ ngmg bawa agama org, TAU SARA GA? ati2 aja kalo ad yg laporin masuk bui kena uu ITE 😊

      Hapus
    13. he don't know what he said.. hahaha.
      ga ada intinya itu, dangkal banget kan . kaum awam ya begitu. ngomongnya berbelit.

      Hapus
    14. Bener Kang Wongleon, aku yakin admin mah ngga bermaksud melecehkan, tp ada baiknya dirubah aja. kali aja ada orang yg sirik

      Hapus
    15. he does not know what she says mungkin mbak

      biarkan dia bingung sendiri saja

      Hapus
    16. intinya saat pembuatan UUD tersebut kan belum ada facebook. jdi maksud dia kalo memasang gambar pada "gambar bendera" ( bukan bendera asli yang biasa di kibarkan ) selama itu tidak melecehkan tidak masalah. dan yang menganggap salah itu "hanya" persepsi orang saja dari apa yang tertulis di UUD.
      keknya sih gitu :3

      Hapus
    17. he does not know what he said mungkin mbak/mas anonymus.

      Hapus
    18. ya ampun guys! ya intinya kalau emang ada buktinya itu tidak diperbolehkan yaudah, turuti, kan udah ada peraturannya... argh ribet amet sih..
      untuk mas yang udah sadar... oke deh... allhamdullilah... :) sukses kedepannya ya mas

      Hapus
    19. kebaikan apa itu ? itu cuma sensasi, orng yang sekarang lagi trand BLESS TO FRANCE, malah di bikin indonesia, kan bego itu orang yang buat PP merah putih

      Hapus
    20. mmg stiap nyri sensasi di perlukan hal2 yg aneh2 trmasuk yg satu ini

      Hapus
    21. pernah lihat admad dhani kena kasus bendera ditambah lambang dewa19? kalo blm pernah coba browsing dulu

      Hapus
  2. beginilah negara demokrasi, apapun gak peduli benar salah boleh di protes XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu itu nggak mengerti ya... saat ini FB sedang membuka fitur PP bendera Perancis untuk tujuan apa? Ini menyangkut musibah, bukan sensasi. Seharusnya yang dipandang itu adalah sisi kepeduliannya, bukan soal PPnya. Jangan marah ya... Gara-gara kowe ini pemakai FB jadi salah gunakan bentuk kepedulian ini sampai2 bendera merah putih ikut dibawa2 buat sensasi.

      Hapus
    2. emang sok kebagusan itu orang, pake2 bendera merah putih segala, ga jelas bendera merah putih di bawa2 ke FB, bikin malu.

      Hapus
  3. Kang Akbar perlu liat Kamus besar Bahasa Indonesia utk tahu apa arti bemdera itu sesungguhnya.
    Pemakaian warna merah putih di FB menurutku bukan termaauk bendera.

    BalasHapus
  4. bendera itu yang berkibar di tiang bang.. kalau di foto itu nama nya gambar..:v dan pasal itu berlaku untuk bendera..
    kalau semua yang berwarna merah putih dianggap bendera indonesia ya bisa chaos.. anak SD ganti seragam.. rokok marlboro ganti casing.. ribet bang.. :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, jaadi pasal tersebut bisa di bantahkan. Dan hanya berlaku bagi bendera. Bukan gambar

      Hapus
    2. hahahha aku suka sekali dengan logika ini

      Hapus
  5. ya gitu dech indoneia....... dikit" melanggar dikit" bawa ke pidana...., tapi kalau kita memperjelas dikit...... mendukung pernikahan sesama jenis dan kejadian paris kalian dukung tapi kebakaran hutan kalian nggak dukung.......

    sudahlah pemerintah kita tidak ada gunanya...., kalaupun berguna cukup dengan uang

    BalasHapus
  6. Klo dibaca undang" menurut ane itu secara Fisik ? Klo secara DP sosmed termasuk jga ? Salah emg membanggakan bendera sendiri dijadiin Filter digabung Foto pribadi ?

    BalasHapus
  7. menurut aq sich lebih baik ngk usah pake PP Gambar bendera..

    BalasHapus
  8. Itulah kacaunya negara bekas jajahan belanda

    BalasHapus
  9. yang penting niat kita baik bukan berniat yang jelek,menghina,melecehkan.dsb.:D

    BalasHapus
  10. ngapain repot-repot nimpa foto kita pakek bendera indonesia juga?... udah ilangin aja dah

    BalasHapus
  11. itu gambar, bukan bendera.. jadi tidak akan pernah salah.. dan point penting adalah niat..
    sedikit saran.. terkadang sesuatu yang menurut kita ini, belum tentu orang lain juga bilang ini.
    jadi lebih baik di ganti saja untuk tidak memperkeruh suasana Indonesia.

    BalasHapus
  12. Hahahaa kank akbar ada ada saja, kalau misalnya, melanggar , berarti anak sekolah sd juga melanggar donk. Dan banyak organisasi yg menempelkan lam di baju atau di tempel di motor, yg jelas melanggar malahpada di biarin tuh bang... Yg penting kan niat kota itu adalah menyuarakan suara INDONESIA AGAR KITA INGAT DAN PEDULI DENGAN INDONESIA ... Maksud dari pemasangan PP FB tersebut

    BalasHapus
  13. Indonesia, dikit2 melanggar. Bisa jadi lambang itu kecintaan terhadap indonesia sehingga dia pasang pp merah putih sebagai bentuk kecintaan nya.giliran pke frame negara lain di bilang, negeri sendiri kena bencana gk pke pp merah putih. parah lo...

    BalasHapus
  14. mau nyobain antimainstream malah kena batu, hadeh, tau hukum dlu baru bertindak mas

    BalasHapus
  15. Bedain dulu bendera dengan gambar bendera, atau foto garis merah putih. Yang kena pasal itu bendera yang dikibarkan, itu jelas ga boleh di gambar dll. Ini foto bendera atau gambar dua garis merah dan putih harus bisa dibedakan.

    BalasHapus
  16. MUKA LW JELEK MAKANYA MELANGGAR UNDANG UNDANG KLW MUKA LW DIGABUNGIN SAMA BENDERA NTAR MERENDAHKAN BANGSA BENDERANYA JADI JELEK :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganteng/cantik ga dibawa mati mas

      Hapus
    2. wah bisa ditangkep nih kalo bahasanya begini ...

      Hapus
  17. yang penting tidak mempunyai maksud melecehkan atau menjatuhkan lambang kenegaraan, saya juga memakai PP gambar bendera Merah putih di FB.

    BalasHapus
  18. Kalau saya pribadi setuju bahwa ini tidak melanggar, karna ini bukan bendera. Mungkin yg dimaksud adalah fisik bendera

    BalasHapus
  19. Lucu banget jika hal seperti ini di jadikan masalah....hmmmmm

    BalasHapus
  20. Jelas jelas ini hanya sebuah gambar,,,dan tidak ada maksud untuk menjelekkan bahkan merusaknya...dengan menggunakan Photo dgn bendera kebangsaan sendiri itu bertanda kita bangga dengan kebangsaan kita sendiri....

    BalasHapus
  21. aturan tetaplah aturan, sebagai warga negara yang baik, kita harus mengikutinya, selama itu gak merugikan, kalo menyangkut seni, q kira seni masih banyak yang lain apa harus seni ini yang harus di gunjingkan

    BalasHapus
  22. Inget dewa 19 ga ? Yang kena kasus karena naro logo band diatas bendera merah putih

    BalasHapus
  23. Parah dah sudah kalau semua yang berwarna merah putih dianggap identik sebagai bendera. Jadi apakah mau dipidanakan orang yang ngremes2 dan injak2 bungkus rokok marlboro dan orang yang injak2 atau naik tower menara yang berwarna merah putih. Pucing pala berbi....

    BalasHapus
  24. Harap sgera ganti, atau gw gantung diri nih😢😢😢😢😢😢😢😢😢

    BalasHapus
  25. Masa sich? Kok disini berbeda pendapat ya?

    BalasHapus
  26. Lucu bila hal sepele dijadikan masalah, memasang bendera negara sendiri itu merupakan kebanggan. Daripada memasang bendara negara lain tetapi tidak memperdulikan bangsa sendiri

    BalasHapus
  27. First Of All..
    Atas tujuan apa agan pasang gambar seperti itu ?
    "Nah, jika dilihat dari point ini saya memang bersalah karena saya menambahkan gambar lain di atas Bendera Negara Indonesia. Namun saya tidak bermaksud jelek disini saya hanya ingin mempercantik dan berinovasi karena orang lain pada memakai Bendera Perancis :D"
    Itu Quote agan,
    Sebenernya Orang orang pada pasang bendera prancis itu buat berkabung atas kejadian yang menimpa bangsa tersebut, dan bukan untuk Berinovasi atau bermain main ^_^
    Apakah indonesia sedang berkabung ?
    apakah indonesia sedang terkena bencana ?
    sebelum nya saya minta maaf kalo saya lancang, maklum saya orang bodoh , :)

    UUD (Undang-Undang Dasar) itu adalah Landasan dalam Bernegara, kalo peraturan ada ya Berarti Kita harus taati peraturan tersebut.. Dan Toh itu tidak Merugikan Agan sendiri ^_^

    Ber-Apresiasi Boleh , tapi harus tau dimana kita menemparkan apresiasi tersebut , "Jangan Coret-Coret Tembok, padahal itu tembok orang lain dan bukan milik kita" << Contoh..

    Pada Dasar nya Kita SANGAT bebas BER-APRESIASI, Tapi karna Kelakuan Orang yang ingin Merusak maka Dibuatlah Undang Undang... ^_^

    Itu saja ... ありがとう

    BalasHapus
    Balasan
    1. APAKAH ANDA TIDAK SADAR NEGERI KITA SEDANG TERJADI BENCANA? Anda Tidak tahu apa pura-pura tidak tahu?

      Hapus
    2. Sorry bro .. cuma pendapat .. ini bukan masalah sedang bencana atau apapun .. undang2 ada buat diikutin dan ditaati .. kalau di perancis sedang ada bencana .. dy ada undang2 seperti itu .. kita bukan warna negara perancis .. kita ga ikutin yowes .. sekarang kita ini warna negara INDONESIA dan punya UUD sendiri .. so, we need to follow the regulations ..

      Hapus
    3. Bukan Gitu Mr.Chung...
      Kalo Bencana indonesia banyak sekali, dari bencana Alam sampai Ke Bencana Kemanusiaan ^_^

      Wacana di atas dan Bencana yang di maksud itu adalah "Terorisme" its About Killing Another human Without any Compromise.. Just "Bang Bang Bang" and Die.... :( With No Respect :(

      kan sebelum nya saya menuliskan " Apakah Indonesia Sedang Berkabung ?" maksud saya itu , adakah bencana yang menewaskan berpuluh-puluh, bahkan Beratus Ratus atau bahkan Berjuta juta Jiwa seperti Tsunami...
      dan kalau pun ada apakah ada orang yang berkabung dengan menggunapan Lambang Bangsa kita di SosMed ? :(
      Itu Tergantung Persepsi saja sebenernya Mr.Chung yth...

      Saya Berpendapat bukan Berdebat , We Peace We Respect With Another, We Live Long Life , We Are All Togerther With the same Name Its a "Humanity"
      Thats It ^_^

      maaf kalo ada salah kata ^_^

      Hapus
    4. Setuju..yang kasih kritik ndak ngerti bahasa itu bos.

      Hapus
    5. Gpp Pak. Edi Siswanto ...
      Kalo Kritik Salah Bisa kita Beritahu maksud kita gimna dengan cara yang sopan,

      Tapi Kalo Kelakuan dan perbuatan yang salah, kita harus tindak tegas.. ^_^

      Hapus
    6. Kok ga ada tombol like ya?? Haha mslhnya orang yg berpikir kyk gini udah langka di indo. Kerjaannya iri doank...

      Hapus
    7. Kok ga ada tombol like ya?? Haha mslhnya orang yg berpikir kyk gini udah langka di indo. Kerjaannya iri doank...

      Hapus
  28. 1 aja pertanyaan q, maksud bendera di dalam undang2 ini apa? Apakah bendera yg terbuat dari kain?
    Pada UU no. 24 thn 2009 pasal 24 huruf berbunyi
    d) mencetak, menyulam, dan menulis huruf, angka, gambar atau tanda lain dan memasang lencana atau benda apapun pada Bendera Negara
    Klo melihat dari pasal di atas huruf d, bahwa maksud menyulam, mencetak, menulis huruf, angka gambar atau tanda lain terhadap Bendera Negara,
    Jd apakah sama yg namanya Bendera dengan suatu gambar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jelas yg dimaksud pasal diatas bendera yg berupa kain yg biasa utk dikibarkan, beda dgn gambar, liat aja background KPU dll jg ada nuansa merah putih tp bukan bendera, jelas beda bendera merah putih sama nuansa merah putih, ya beginilah pemahamanku yg tak paham hukum.

      Hapus
  29. 1 aja pertanyaan q, maksud bendera di dalam undang2 ini apa? Apakah bendera yg terbuat dari kain?
    Pada UU no. 24 thn 2009 pasal 24 huruf berbunyi
    d) mencetak, menyulam, dan menulis huruf, angka, gambar atau tanda lain dan memasang lencana atau benda apapun pada Bendera Negara
    Klo melihat dari pasal di atas huruf d, bahwa maksud menyulam, mencetak, menulis huruf, angka gambar atau tanda lain terhadap Bendera Negara,
    Jd apakah sama yg namanya Bendera dengan suatu gambar?

    BalasHapus
  30. yak ngikut bang CHILDSPLAY

    yg penting disini niat nya ... kita ikut prihatin meski dari kejauhan itu udh bagus
    klo memang bisa dan memiliki kemampuan utk berbuat lebih maka
    lakukanlah ...
    hal baik akan selalu mengalir ..

    BalasHapus
  31. Kang, mohon maaf, tp kalo hidup dengerin kata orang mah bakal serba salah..

    Pake filter bendera perancis dibilang ga nasionalis

    Pake filter bendera Indonesia dibilang tindak pidana

    Padahal ga ngaruh, toh kita ga pake filter untuk menghina negara sendiri khan.. Enjoy aja.. Kalo bisa yaa diemkn aja kang..

    BalasHapus
  32. Kalo melanggar smua, penuh penjara cuy.. Hahahadana negara abis bikin penjara... Biar respon ptinggi ja yg urus. Gampang diatur kalo udh masuk, ntr kalo mau lebih labjut, ajuin RDP ja k komisi 1DPR pusat (saran pak widodo d seminar kampus FH UII kemarin.) Seriusnya jd sa lbh nampak.
    Bener juga t teori yg arahin k pngertian bendera kyq gmna. Dan bener juga yg bela kewibawaan bendera negara. Smuanya bener kok. Tp yg serius ya k DPR ja suruh undang"in. Gua mah relax ja kalo msh gara" lambang harus pecah belah. Udh cukup mslah d agama dhadepin dulu, pasti kesatuan bakalan ketemu. #peace

    BalasHapus
  33. "Wahai orang-orang yang beriman! Taatlah kepada Allah dan taatlah kepada Rasul, serta ulil amri diantara kalian. Jika kalian berselisih dalam suatu hal, maka kembalikanlah kepada Allah dan Rasul-Nya. Jika kalian benar-benar beriman kepada Allah dan hari akhir.Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya” (QS. An Nisa: 59).

    BalasHapus
  34. Welcom to indonesia, dimana berbagai hal yang dilakukan dianggap salah :3

    BalasHapus
  35. di masa sekarang ini banyak perselisihan, maka yang lebih tepat adalah kita mengambil pendapat yang sesuai dengan selera orang-orang di zaman ini“. Perkataan ini memiliki makna bahwa syariat tidak cocok untuk semua masa dan tempat. Dan juga bermakna bahwa syariat Allah tidak bersifat umum untuk manusia dari awal hingga akhir yaitu hingga hari kiamat. Padahal Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

    (فإنه من يعش منكم فسيرى اختلافاً كثيراً فعليكم بسنتي وسنة الخلفاء الراشدين المهديين من بعدي)

    “barangsiapa yang hidup sepeninggalku, maka ia akan melihat banyak perselisihan. Maka wajib bagi kalian untuk berpegang kepada sunnahkiu dan sunnah Khulafa Ar Rasyidin yang tertunjuki sepeninggalku”

    BalasHapus
  36. Kang Bar masih umur brp ?? nyari masalah :v ntar klo foto nya Bokep di filter pake bendera indo gimana :v

    BalasHapus
  37. Saya pakai kok overlay merah putih di PP saya. Pastinya orang 'waras' bisa menilai mana rasa 'menghina' mana rasa 'bangga'. Saya bangga menjadi bagian dari Indonesia, di sisi lain saya juga 'prihatin' dengan kondisi Indonesia.

    BalasHapus
  38. poin no 5 di warga saya palah di buat pembungkus kayunya yg di tengah itu gan,

    BalasHapus
  39. bocah loe njeng, mangkanya jgn langgar UU lo njeng

    BalasHapus
  40. ‎​​​(•͡˘˛˘ •͡)" hmm ◦°◦ºº‎ ◦°◦ºº....‎​ baru tau ane klo di uud gak boleh ....tiwas profil fb ku pake background bendera merah putih

    BalasHapus
  41. masuk point D bang. biarlah orang berkata mengekang kebebasan berekspresi atau apa. bebas bukan berarti bablas. no excuse. pemerintah kita sudah bikin aturan yg jelas. terlepas jaman dibuatnya itu sudah ada media sosial atau belum. beda negara beda aturan. kl di luar sana bendera negara boleh dipake buat celana boxer, di sini enggak. dan kita harus hargai itu. salut sm akang sbg pencetusnya tp jg mau mendengarkan masukan2 orang lain. saran saya, mending kita gak perlu ngekor kegiatan yg lg ngehits lah. perlakukan bendera kita bukan seperti mainan atau euforia sementara. semangaattt ^^

    BalasHapus
  42. hemm.... kalo orang luar sana melecehkan lambang/bendera Indonesia apa tindak pidana juga ?
    sebagai contoh negara tetangga kita (gak perlu disebutin lah ya. toh udah pada tau semua pasti) yg jelas" udah melecehkan banget . ko pemerintah cuma bisa diam aja ya?
    hehe

    BalasHapus
  43. Percaya gak percaya
    bagaimana anda menanggapinya

    BalasHapus
  44. niatnya bagus berjiwa nasionalis, drpada pake bendera negara lain..
    tapi biar adil, mending pake semua bendera aja kaya atlas, bang...hhehehe

    BalasHapus
  45. [Mohon maaf sebelumnya]

    Yang dimaksud dalam pasal tsb adalah bendera yg asli yakni yg brwujud kain dsb yg tidak boleh dilecehkan.

    -jika semua yg berwarna merah putih dianggap bendera lantas bagaimana dengan acara 17 Agustusan dimana setiap sudut tempat berwarna merah putih, bahkan ada bendera plastik yg digantung-gantung..
    -jika semua yg merah putih dianggap sbg bendera, lantas bagaimana dgn seragam SD?

    coba pahami kembali pasal2nya.
    -Dalam KBBI:
    ben·de·ra /bendéra/ n sepotong kain atau kertas segi empat atau segitiga (diikatkan pd ujung tongkat, tiang, dsb) dipergunakan sbg lambang negara, perkumpulan, badan, dsb atau sbg tanda; panji-panji; tunggul:

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg tidak boleh itu "bendera", sedangkan yg di foto profil itu "warna bendera"
      jdi ya no problem.

      Hapus
  46. ga di sini masalahnya , kamu keberatan banyak orang profil menggunakan bendera prancis?

    BalasHapus
  47. sudah, diamandemen saja. karena sudah tidak zaman dengan konteks kekinian. saya rasa, bendera negara sendiri-lebih baik di muliakan-mengingat betapa pentingnya internalisasi nilai-nilai yang terkandung pada panji merah putih. kan bisa jadi affirmasi yang bagus toh buat kita guna meningkatkan nasionalisme.

    BalasHapus
  48. Maju terus om....kita kan hanya menunjukan rasa nasionalisme yg sudah mulai luntur di negeri ini.....dr pada anak SMA/KULIAHan yg g apal pancasila dan memuja negeri orang tp mencaci negara sendiri hayo,masih mending kan

    BalasHapus
  49. Mungkin ada yang perlu diperjelas lagi dalam undang-undang agar tidak salah tafsir, karya gradasi warna/perpaduan warna object digital kenapa bisa dikatakan bendera negara? berarti setiap karya digital yang bagian atasnya merah bawahnya putih itu dianggap bendera negara gitu? kecuali kita kibarkan bendera negara di depan rumah, terus kita foto dan jadikan PP FB, itu baru namanya bendera negara dijadikan PP FB :-D salam kenal kang akbar

    BalasHapus
  50. Bendera : sepotong kain, sering dikibarkan di tiang, umumnya digunakan secara simbolis untuk memberikan sinyal atau identifikasi.

    klo yg itu : Gambar Bendera

    BalasHapus
  51. Undang undang lama, harusnya dimodifikasi biar sesuai dengan zaman sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. diamandemen maksudnya mas :3, modifikasi dikata motor :v

      Hapus
  52. Terus bagaimana dengan bendere indonesia yang ada burung garudanya? Atau ada pulau indonesia? Atau ada gambar presidennya.

    Ini undang2 untuk bendere yang dikibarkan, bukan yang dipajang digambar.

    Ckckcj

    BalasHapus
  53. betul kata bapak PRAPTO SRAGEN,,
    perlu tahu juga definisi bendera ituh apa,,,karena yang namanya bendera itu secarik kain dengan bentuk yang sudah diatur oleh masing2 negara,,sesuai dengan peraturan dari negara tersebut...

    melihat isi UU No, 24 tahun 2009,,
    maksud dari UU tersebut adalah agar bendera yang berupa secarik kain persegi panjang dengan warna Merah Putih tidak disalah gunakan untuk kepentingan yang bisa merendahkan NKRI

    contoh : penggunaan Bendera Merah Putih untuk konvoi klub motor (1 orang membawa bendera merah putih besar),,,cara seperti itu tidak ada dalam aturan di UU.

    jadi jangan cuma liat isi UU saja,,tapi teknis pelaksanaannya juga harus bisa dicermati

    BalasHapus
  54. saya gak tau apa lagi yang terjadi sama media(social media, televisi, koran, dsbb) kita saat ini

    dan sekarang saya gak bisa memikirkan kata2 komentar yang bijak itu harus seperti apa :)

    BalasHapus
  55. Kalau maksudnya untuk menghina jelas tidak diperbolehkan. Apakah memasang PP bendera Indonesia itu termasuk penghinaan? Kedua, untuk reklame, menurut saya menjadikan bendera Indonesia sebagai PP bukan termasuk advertising.

    Entahlah, sebenarnya kurang aturannya lengkap juga. Kalau yang dimaksud memasang bendera pada reklame atau sebagai reklame, di TV dan di banner2 banyak tuh yang memasang bendera ID. Biasanya untuk alasan nasionalisme.

    Di seragam sekolah ada emblem merah putih. Bahaya tuh kalo siswanya jatuh tersungkur. Bisa-bisa kena pasal pelecehan. Kan emblemnya bisa menyentuh tanah.

    BalasHapus
  56. Gak apa buktinya gak ad polisi yg nangkep toh. Lg pula itu bukan menambahkan gambar pd bendera. Tp mrubah opacity shg brkesan bndera diatas/ddepan gmbar profil

    BalasHapus
  57. Masalah PP aja ribut...hadeuh Indonesia...negara laen udah sibuk bikin rel kereta api antar benua, orang Indonesia masih ngeributin soal PP di sosmed...

    Kapan mau majunya???

    BalasHapus
  58. Saya sih nyimak saja. Gak ikut komen..

    BalasHapus
  59. yess web kangakbar ramee,,, iya bakal jadi penghiinaan kalau yang dipake material bendera.. kalau gambar atau hasil photoshop apa bisa dibilang bendera !!!!! ???

    BalasHapus
  60. laah.... saat musim kampanye pemilu...di seantero indonesia ini.. jutaan baliho kampanye bergambar merah putih...trus ditemplokin foto caleg lah..foto soekarno lah...foto megawati lah..dll...
    KOK NGGAK DIPIDANAKAN ??
    itu artinya apa ?? artinya itu hanya gambar merah putih..atau gambar bendera.. bukan fhisiknya bendera...

    BalasHapus
  61. Banyak orang yang mendukung dan simpati pada prancis dengan mengubah PP nya, ane dukung dan simpati pada palestine.
    Ini link nya yang mau :

    http://twibbon.com/support/freepalestine-7#

    #pray4Palestine
    coba aja

    BalasHapus
  62. BUBAR.. BUBARR... BUBARRR Pemadam kebakaran sebentar lagi lewat

    BalasHapus
  63. Calon capres dan cawapres pas campanye bnyak yg gini kok anda diem? Aa karna anda gak bisa buat seperti ini? Apakah anda polisi? Hakim? Gini aja diperkarain? Gak asik

    BalasHapus
  64. Jadi harus ada definisi lengkap tentang Bendera Negara itu sendiri donk ya?

    Kalau definisinya Bendera Negara itu yang warnanya merah putih. Semua warga Negara kena semua donk ya?


    (b)memakai Bendera Negara untuk reklame atau iklan komersial.
    (e) memakai Bendera Negara untuk langit-langit, atap, pembungkus barang, dan tutup barang yang dapat menurunkan kehormatan Bendera Negara.

    Pernah kan kalian lihat iklan iklan biasanya di pakai kampanye kandidat partai itu. Kebanyakan pakai merah putih sebagai warna yang mendominasi biasanya untuk background.

    Juga pernah 17an kan ya? Tak jarang orang menghias benda dengan warna merah putih.

    Kalau definisi Bendera Negara itu, ya Bendera itu sendiri, saya pikir Citra Digital yang gambarnya Bendera atau Citra Digital yang di dominasi warna merah putih jadi tak bermasalah kalau di apa apain..

    BalasHapus
  65. Jadi harus ada definisi lengkap tentang Bendera Negara itu sendiri donk ya?

    Kalau definisinya Bendera Negara itu yang warnanya merah putih. Semua warga Negara kena semua donk ya?


    (b)memakai Bendera Negara untuk reklame atau iklan komersial.
    (e) memakai Bendera Negara untuk langit-langit, atap, pembungkus barang, dan tutup barang yang dapat menurunkan kehormatan Bendera Negara.

    Pernah kan kalian lihat iklan iklan biasanya di pakai kampanye kandidat partai itu. Kebanyakan pakai merah putih sebagai warna yang mendominasi biasanya untuk background.

    Juga pernah 17an kan ya? Tak jarang orang menghias benda dengan warna merah putih.

    Kalau definisi Bendera Negara itu, ya Bendera itu sendiri, saya pikir Citra Digital yang gambarnya Bendera atau Citra Digital yang di dominasi warna merah putih jadi tak bermasalah kalau di apa apain..

    BalasHapus
  66. mnrt q kalo mnurt lo bnr gak usah d gnti tp kalo mnrt lo salah tgl ganti aja bang...biar smua org berpndpt.krna smua org brhak ngeluarin pndpt mreka...so smua kmbsli ke diri kita sndiri salam kompak indonesia :)

    BalasHapus
  67. pahlawan kita capek2 taruhan nyawa, cuman buat ngibarin bendera itu, ini malah ditempelin gambar kartun, jgn dibela, itu salah satu kecerobohan dia dalam hal kekinian :V, hukum aja biar jadi contohg.

    BalasHapus
  68. Yang Melanggar Terima Aja Sanksi Nya :v Siapa Suruh Ganti PP

    BalasHapus
  69. itu yg di foto anak gunung ane pernah liat ,, bendera indonesia di PILOX .. ga pernah di tindak ,,,

    BalasHapus
  70. kalo q sih gk peduli sama gituan ...
    yang penting keluarga q bisa makan

    BalasHapus
  71. Ini lah anehnya indonesia . bukan hanya hukum yg tumpul ke atas dan runcing kebawah . ternyata masyarakatnya juga . cobak saya tanya apakah penggunaan lmbang negara yaitu garuda pancasila tidak ada hukumnya ? Cobaklihat lagi dlu pas kampanye ada pihal politikus mengubah lambang negara kita jadi garuda merah . dimna kalian ??? Ada yang brano berkomentar ? Jangan hanya bilang hukum tumpul ke atas dan runcing kebawah. lihat dulu ke diri sendiri

    BalasHapus
  72. saya pikir, yang dimaksud dalam UU No 24 Tahun 2009 (Tentang Bendera, Bahasa, Dan Lambang Negara, Serta Lagu Kebangsaan) sudah jelas. dan yang ada dalam foto profil itu bukan BENDERA tapi GAMBAR BENDERA, sama sekali beda arti dan bentuk fisiknya. Menurut wikipedia : Bendera Negara Republik Indonesia, yang secara singkat disebut Bendera Negara, adalah Sang Saka Merah Putih, Sang Merah Putih, Merah Putih, atau kadang disebut Sang Dwiwarna (dua warna). Bendera Negara Sang Merah Putih berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran lebar 2/3 (dua-pertiga) dari panjang serta bagian atas berwarna merah dan bagian bawah berwarna putih yang kedua bagiannya berukuran sama. tambahan lagi ( masih menurut saya ) Bendera Indonesia ( secara fisik ) terbuat dari kain dengan standar ukuran yang sudah ditentukan ( termasuk perbandingan lebar 2/3 dari panjang ). sedang dalam foto profil ukuran panjang lebarnya sama

    BalasHapus
  73. GW MENANTANG ...YANG BILANG SALAH...SEGERA LAPORIN GW...ATAU NANTI...KALAU SAYA LAPOR BALIK GIMANA PASANG BENDERA INDINESIA

    BalasHapus
  74. Menurut pendapat saya, yg membuat jadi salah sebab itu gambar bendera dengan adanya kerut kerutan di bag kanan,
    Tetapi jika dibuat sekedar warna merah dan putih saya rasa tidak melanggar UU tersebut.

    BalasHapus
  75. ini mah blogger cari visitor gan..makanya yang dibahas gak penting..gitu aja diladenin...

    yang jelas kalo buka blog ini jangan klik iklannya aja... :v :v :v

    BalasHapus
  76. Intinya semua harus ada batasannya dan harus ada aturan,, kalo tidak bisa kacau negri ini,,

    BalasHapus
  77. Intinya semua harus ada batasannya dan harus ada aturan,, kalo tidak bisa kacau negri ini,,

    BalasHapus
  78. ya inti nya kembali ke diri masing 2, semua yang pake pp bendera prancis di tiadakan dan begitu juga yang make pp bendera lain, gara2 pp doang aja bisa jadi konflik kayak gini, #ya intropeksi diri masing2 aja dulu :v

    BalasHapus
  79. Hanya masalah bendera spt ini aja sudah dibikin ribut. Nohh..sono..masalah yg lbih serius yg dibahas. Kebakaran hutan kek, mafia pajak, koruptor, bego bgt kl smpe negara merespon masalah sepele ini dijadikan bahasan yg serius

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penting, Bang.. Biar kita warga Indonesia 'melek' Undang-Undang. Ga cuman mau 'dikadalin' oknum-oknum yang mengatas namakan Undang-Undang.
      Kalo si Abang pernah tau prosesnya bikin Undang-Undang, ya gini ini, Bang.. Yang dibahas tekstual. Hal-hal yang kecil dan sepele..

      Hapus
  80. Ini pada nggak mbaca UU-nya ya? udah jelas tertulis di Pasal 4:
    (1) Bendera Negara Sang Merah Putih berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran lebar 2/3 (dua-pertiga) dari panjang serta bagian atas berwarna merah dan bagian bawah berwarna putih
    yang kedua bagiannya berukuran sama.
    (2) Bendera Negara sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dibuat dari kain yang warnanya tidak luntur.
    Jadi, gambar bendera itu bukan bendera :)

    BalasHapus
  81. Ketika saya searching di internet hal "kamus besar bahasa " saya masuk ke kkbi.co.id di situ di jelaskan bahwa maksud bendera adalah
    ben·de·ra /bendéra/ n sepotong kain atau kertas segi empat atau segitiga (diikatkan pd ujung tongkat, tiang, dsb) dipergunakan sbg lambang negara, perkumpulan, badan, dsb atau sbg tanda; panji-panji; tunggul:, jadi apakah di uu, materi digital yang berwarna merah putih di kategorikan sebagai bendera ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trus kalo lo nonton pertandingan yg bawa nama negara, ada merah putih di layar tv lo menurut lo itu bukan bendera? banyak banget sih orang sok kritis tapi bloon. Sok kritis tapi bloon doulang terus sampe bego

      Hapus
  82. terkena ayat yang ini..

    (d) mencetak, menyulam, dan menulis huruf, angka, gambar atau tanda lain dan memasang lencana atau benda apapun pada Bendera Negara. dan

    secara spesifik.. "mencetak gambar lain pada Bendera Negara".. dan pengadilan saya kira tidak melihat "niat baik" kita yang memang ngga kelihatan..

    lebih baik berhati-hati

    BalasHapus
  83. terkena ayat yang ini..

    (d) mencetak, menyulam, dan menulis huruf, angka, gambar atau tanda lain dan memasang lencana atau benda apapun pada Bendera Negara. dan

    secara spesifik.. "mencetak gambar lain pada Bendera Negara".. dan pengadilan saya kira tidak melihat "niat baik" kita yang memang ngga kelihatan..

    lebih baik berhati-hati

    BalasHapus
  84. Menurut saya itu berlaku untuk bendera dalam bentuk fisik yang sebenarnya, tetapi bisa aja berubah sesuai dengan keadaan. Maksud kita mungkin hanya ingin menunjukkan jiwa nasionalisme, tapi bisa saja nanti malah nambah masalah.....tergantung yang membuatnya...hehehehe

    BalasHapus
  85. ada yg berkoar sok romantis, "yg penting niatnya baik bla bla bla"
    yg namanya hukum, mau niatnya baik, mau niatnya jelek, tetep aja ga boleh dilanggar..
    hukum udah dibuat & ditetapkan, bocah2 alay itu malah sok2an bikin persepsi sendiri..

    BalasHapus
  86. Wah..bagus koq masang bendera di profile picture fb. Itu sebuah bentuk kebanggaan sebagai bangsa indonesia. Yang nyinyir itu miskin intelektual. Orang amerika aja oke2 aja benderanya dibuat bra+celana dalam wonder woman. Mana ada yg protes?? Malah wonder womannya mendunia. Membahas itu sesuatu yg mutu dan memajukan. Orang2 mah suka nyinyir hal2 sepele makanya gak maju2.

    BalasHapus
  87. Wah..bagus koq masang bendera di profile picture fb. Itu sebuah bentuk kebanggaan sebagai bangsa indonesia. Yang nyinyir itu miskin intelektual. Orang amerika aja oke2 aja benderanya dibuat bra+celana dalam wonder woman. Mana ada yg protes?? Malah wonder womannya mendunia. Membahas itu sesuatu yg mutu dan memajukan. Orang2 mah suka nyinyir hal2 sepele makanya gak maju2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dude, lo tau gak bedanya mereka dengan kita dalam hal menghargai bendera negara? Kalau gak tau berarti lo gak tau BETAPA AGUNGNYA SANGSAKA MERAH PUTIH. OK? Jangan bloon. (Gw pake Dude karena lo kayaknya Amerika banget)

      Hapus
  88. kata siapa dia pasang bendera indonesia? bisa aja bendera MONACO

    BalasHapus
  89. Jangan lupa yang paling mendasar, Indonesia adalah negara hukum sesuai UUD 1945 Pasal 1 ayat 3.. Tiap negara punya hukum yang berbeda, dan inilah aturan hukum kita di negara kita..
    Indonesia negara hukum, artinya segala tindakan kita sebagai warga negara Indonesia ada yang membatasi yaitu Hukum negara Indonesia, bukan sesuai dengan niat baik dan perasaan.
    Hukum kita kan tertulis, bukan berdasarkan niat perasaan

    BalasHapus
  90. Alasan kebebasan berekspresi, alasan daripada menggunakan bendera negara lain.. tolong dimengerti maksud pembuatan UU tersebut. Gak usah sok ego tapi bloon. Jagalah martabat bendera. Muke lu belum tentu pantes digabungkan dgn sang bendera. Ok? Jangan bloon.

    BalasHapus
  91. Tidak ada tindak pidana.
    Perhatikan setial kata yang ada pada pasal UU tersebut. PP anda facebook anda belum layak disebut mencetak atau menyulam. Apalagi dinilai sebagai iklan komersil. Itu sebagai salah satu wujud dari beberapa cara yang ada untuk mengekspresikan nasionalismemu, bung.

    BalasHapus
  92. Hade menghina dan melecehkan darimana si? Orang Indonesia emang Lebay, Alay dan ga pinter2. Buka kamus kek arti kata melecehkan itu apa. Pusing.

    BalasHapus
  93. Ya sederhana saja menurut saya.. Dalam hal ini adalah gambar bukan fisik bendera yang dipakai.. Gambar disini juga memiliki arti lebih luas lagi berupa warna merah dan putih. Dengan berbagai iluatrasi memang dibuat seperti ada ombaknya. Tidak bisa dipastikan bahwa ini adalah bendera seperti fisik bendera yang ada. Ya tidak ada yang salah berkaitan dengan undang undang, apalagi tidak dalam bentuk fisik bendera.

    BalasHapus
  94. Ya sederhana saja menurut saya.. Dalam hal ini adalah gambar bukan fisik bendera yang dipakai.. Gambar disini juga memiliki arti lebih luas lagi berupa warna merah dan putih. Dengan berbagai iluatrasi memang dibuat seperti ada ombaknya. Tidak bisa dipastikan bahwa ini adalah bendera seperti fisik bendera yang ada. Ya tidak ada yang salah berkaitan dengan undang undang, apalagi tidak dalam bentuk fisik bendera.

    BalasHapus
  95. weh,,,kalau pak polisi2nya nurutin kamu, anak2 sd bisa ditangkepin semua tuh min... :p

    BalasHapus
  96. bendera merah putih kan ada perbandingan nya juga. antara panjang dan lebar. sama sama bendera merah putih aja bukan berarti bendera indonesia kalo beda. monaco merah putih cuma beda perbandingan antara panjang dan lebar. ya ga tau sih melanggar apa tidak

    BalasHapus
  97. Gak ngerti hukum mau mencoba menterjemahkan Isi Undang-Undang... udah gitu di FB ada yang publish pula

    BalasHapus
  98. bendera merah putih kan ada perbandingan nya juga. antara panjang dan lebar. sama sama bendera merah putih aja bukan berarti bendera indonesia kalo beda. monaco merah putih cuma beda perbandingan antara panjang dan lebar. ya ga tau sih melanggar apa tidak

    BalasHapus
  99. wkwk,, pada bilang "ini gambar, bukan bendera", lah ente buat bikin gambar merah putih itu sebagai apa? bendera kan? kecuali ente emang cuman sekedar bikin gambat merah dan putih.. yah cari aman aja lah, toh kecintaan gak perlu lewat pp.. buktinya yang penting! asap aja ente cuman nyinggung pemerintah, giliran ente jadi petugas aja belum tentu turun tangan haha. lucu

    BalasHapus
  100. Indonesia ku Makin Parah ...
    Knp ini salah itu salah buat rakyat kecil ...tapi Bagi merkA yg korupsi and berbuat Apa pun yg di langgar kok. ...ATENG ATENG SAJA Alias di Biar kan Berlalu ....

    BalasHapus
  101. Indonesia ku Makin Parah ...
    Knp ini salah itu salah buat rakyat kecil ...tapi Bagi merkA yg korupsi and berbuat Apa pun yg di langgar kok. ...ATENG ATENG SAJA Alias di Biar kan Berlalu ....

    BalasHapus
  102. berarti ini juga melanggar
    https://sahabatprabowo.files.wordpress.com/2014/05/vektor-bendera-prabowo-hatta.jpg

    BalasHapus
  103. Sekarang lagi banyak yang ngeributin soal UU No 24 Tahun 2009 (Tentang Bendera, Bahasa, Dan Lambang Negara, Serta Lagu Kebangsaan)
    Pasal 24
    Setiap orang dilarang :

    (a) merusak, merobek, menginjak-injak, membakar, atau melakukan perbuatan lain dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Bendera Negara.
    (b)memakai Bendera Negara untuk reklame atau iklan komersial.
    (c) mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam.
    (d) mencetak, menyulam, dan menulis huruf, angka, gambar atau tanda lain dan memasang lencana atau benda apapun pada Bendera Negara. dan
    (e) memakai Bendera Negara untuk langit-langit, atap, pembungkus barang, dan tutup barang yang dapat menurunkan kehormatan Bendera Negara.

    Dampak orang menggunakan bendera merah putih di profile facebook...
    sebelum menyalahkan orang yang menggunakan foto profile menggunakan bendera merah putih yg di transparanin (seperti bendera prancis), lebih baik kalian cari tau dulu "Pengertian bendera menurut undang-undang" karena pada dasarnya "Merah Putih" bukan milik Indonesia saja tapi juga milik Monako.

    Bendera Indonesia itu punya skala 2:3...
    sedangkan foto profile FB itu 1:1 jadi dari sisi skala aja merah putih d profile FB bukan bendera Indonesia, hanya simbol Merah Putih yg identik dengan Indonesia aja

    BalasHapus
  104. yang paling penting yang harus kita pahami adalah apakah itu BENDERA?????

    mungkin saya salah...tetapi setahu saya bendera itu berukuran 2L x 3P...klo diluar itu bukan bendera namanya

    BalasHapus
  105. intinya pemuda indonesia susah untuk menciptakan atau mencoba sesuatu yang baru karna banyaknya aturan dan banyaknya larangan budaya, karena itulah indonesia susah untuk maju. makanya banyak pemuda indonesia yang lebih tertarik bekerja di luar negeri

    BalasHapus
  106. lalu gimana saat 17 agustus, banyak orang yg menggunakan gambar bendera atau lambang garuda dan menambahkan tulisan serta logo (perusahaan dll) untuk mengucapkan Hut RI?

    berarti salah juga donk

    BalasHapus
  107. sebelum orang2 protes dengan editan Bendera indonesia tsb, gw mau nanya definisi sebuah BENDERA terlebih dahulu, jangan lupa.. bahwa bendera kita bisa dikatakan sebuah ''bendera'' ketika panjang x lebar serta warna nya telah terpenuhi, ketika p x L tidak terpenuhi, ane anggap itu hanya sebuah perpaduan warna dan bukan sebuah bendera, jadi sah-sah saja bila di edit.

    BalasHapus
  108. Gan, itu kyknya abang gue yg comment

    BalasHapus
  109. terlalu keras UUnya...
    yang penting niat baik seseorang...masa semuanya jadi asumsi bahwa seseorang itu melecehkan>....??
    semakin lama semakin aneh keadaan negeri kita....

    BalasHapus
  110. Maaf sebelumnya, bukannya sok pintar atau bagaimana.

    Daripada meributkan tentang masalah bolehkah memasang PP bendera Indonesia, lebih baik melakukan tindakan nyata. Apakah dengan memasang PP bendera merah putih, kemudian Indonesia menjadi lebih baik? Apakah berbagai masalah di Indonesia langsung teratasi? Tidak, kan? Yang terpenting bukan masalah "memperlihatkan" rasa bangga dan cinta Indonesia seperti itu saja, tetapi dengan mengharumkan nama Indonesia melalui tindakan nyata, misalnya prestasi. Percuma 'kan kalau pasang PP seperti itu tapi kalau ikut upacara aja males?

    Maaf hanya pendapat saya. :)

    BalasHapus
  111. kapan inndonesai bisa maju,,,mau pasang pp bendera sendiri aja di larang

    BalasHapus
  112. Mangstap...... #IzinNyimak #Seru

    BalasHapus
  113. Untung di Prancis kagak gitu ya,bisa"semua di tuntut,Btw klau Indonesia kena teror kayak di paris kagak ada yg make bendera kayak gitu lagi ya se dunia.

    BalasHapus
  114. Kita bisa lihat niatnya,lagian yg disebut sebagaimana bendera indonesia tu gk hanya warna,tp ada kriteria lain seperti ukuran skala.jadi objek merah putih tidak bisa semua disebut bendera indonesia, walau memang warna merah putih identik dengan bendera indonesia

    BalasHapus
  115. Ini saya hanya menawarkan ya pak.
    Terlepas mau atau ndaknya bukan masalah. smile emotikon

    PT Natural Nusantara memiliki teknologi terbaru untuk menunjang keberhasilan anda dalam bisnis perkebunan Sawit.

    1 Paket Untuk 10 Pokok Sawit Berisi :
    POWER NUTRITION 250 gram rp55.000 x 1 botol
    SUPERNASA 250 gram rp42.500 x 1 botol
    HASIL MEMUASKAN!

    Note : Bisa uji coba terlebih dahulu, jika berhasil dilakukan transaksi, jika tidak tidak usah bayar.


    Hubungi :
    PT NATURAL NUSANTARA
    Jl Ring Road Barat 72 Salakan Trihanggo, Gamping
    Sleman, Yogyakarta

    0812 8233 3176
    0857 1665 5157
    order@pepadun.com

    Terimakasih

    http://pepadun.com

    BalasHapus
  116. Baru tau saya mas? Sumpeh ?


    Oh ya mau nanya sorry kalo OOT, badwey itu pasang iklan GA pake Sticky gpp? Aman gak dari Benet om gugel?

    BalasHapus
  117. pake bendera perancis dibilang kemana aja pas indonesia ada bencana asap dll skrng giliran pake bendera sediri kena razia wkakakakak

    BalasHapus
  118. Kaya baru sehari dua hari aja lu pd tinggal d indo. Udh tau peraturan indo aneh". Contoh laen, barang yg msk ke indo skrg musti ada SNI nya aja udh aneh

    BalasHapus
  119. ga prlu d takutin tdk ad yg slh slma anda tdk melecehkan dngn background gambar yg tdk semestinya
    liat dr sisi baik nya
    sikap&jiwa patriot yg dy miliki shingga tergerak mngganti pp fb nya dngn sangsaka merah putih d saat yg lain latah mengobarkan bendera prancis tnp peduli dngn keadaan negeri sndri

    BalasHapus
  120. bawa aja tu bendera ke liang kubur masing ntar kwkwkwkwkw

    BalasHapus
  121. Kalo menurut saya sih gak apa gan, Karena yang namanya bendera itu bentuk fisik.
    Kalo PP merah putih kan masalah pewarnaan.

    BalasHapus
  122. yah kalo uud nya dilarang termasuk fisik atau digital , mending ganti aja pp nya dri pada dpt masalah , ribe jadinya

    BalasHapus
  123. (a) merusak, merobek, menginjak-injak, membakar, atau melakukan perbuatan lain dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Bendera Negara.
    (d) mencetak, menyulam, dan menulis huruf, angka, gambar atau tanda lain dan memasang lencana atau benda apapun pada Bendera Negara.
    Pendapat saya, salah banar atau tidaknya melanggar ketentuan diatas harus dapat dibuktikan : apakah memang ada maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Bendera Negara? dan apa buktinya? pada huruf (d) untuk kalimat "mencetak, menyulam, dan menulis huruf, angka, gambar atau tanda lain dan memasang lencana atau benda apapun pada Bendera Negara." ditujukan pada bendera yang memang sebuah bendera yang bahannya kain bukan bentuk gambar/foto, untuk misalnya dulu personel Dewa yang menambah berupa gambar pada bendera itu dapat dikatakan suatu pelanggaran.

    BalasHapus
  124. kalo uda salah ya yauda ngaku salah aje bego, ini lah indonesia, malu2in orang nya, uda jelas2 ada masuk di huruf B, masih aja sok ngmng kegedean, kalo salah ngaku salah, jelek ny indonesia begini, uda salah sok ngebela diri, lolz

    BalasHapus
  125. Sebagai masyarakat yg tdk punya kekuasaan ya....... kita ikut aja apa kta mereka yg punya kebijakan dan kedudukan

    BalasHapus
  126. Sebagai masyarakat yg tdk punya kekuasaan ya....... kita ikut aja apa kta mereka yg punya kebijakan dan kedudukan

    BalasHapus
  127. pasal 24 UU No 24 tahun 2009 yang dikemukakan dalam berita di atas, sejalan dengan pasal 57 yang terdapat dalam UU tersebut.
    berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi nomor 4/PUU-X/2012. tentang pengujian terhadap pasal 57 huruf d dan pasal 69 huruf c UU No 24 tahun 2009, maka Kang Akbar yang menggunakan bendera merah putih di facebooknya tidak dapat dikenakan sangsi pidana, karena pasal 57 huruf d dan pasal 69 huruf c tentang larangan dan sangsi pidana bagi yang menggunakan lambang negara telah dibatalkan oleh MK sehingga pasal-pasal tersebut tidak lagi mempunyai kekuatan hukum mengikat.

    Dengan dihapuskannya Pasal 57 huruf d, maka secara otomatis berlakunya Pasal 69 huruf c juga tidak memiliki kekuatan hukum mengikat. “Terdapat hubungan yang erat antara kedua pasal itu sebagai suatu ketentuan hukum yang berlaku. Maka pertimbangan hukum Mahkamah terhadap Pasal 57 huruf d tersebut berlaku secara mutatis mutandis (otomatis, red) terhadap Pasal 69 huruf c,”

    BalasHapus
  128. Semua pendapat baik itu pro dan kontra ,menurut saya pribadi benar semua , saya setuju jika merah putih yang di pasang ts tidak hanya berarti itu sebuah lambang bendera negara bisa jadi hanya sekedar background , meski pun didefinisikan sebagai lambang bendera negara bisa jadi bukan hanya negara indonesia , bisa jadi negara polandia, monaco, atau panji kerajaan majapahit jika hal itu dipermasalahkan oleh salah satu pihak yang berwenang (untuk menghindari permasalahan), sekalipun saya yakin maksud ts adalah bendera indonesia karena sikap nasionalisme dan kebanggaan terhadap negeri kita tanpa ada maksud untuk melecehkan dan menurunkan nilai lambang bendera negara indonesia, tetapi saya pun setuju jika hal tersebut melanggar undang - undang yang sudah di tetapkan meskipun undang - undang tersebut terkesan kurang sesuai karena definisinya masih terlalu luas sehingga bisa menyebabkan seseorang yang berwenang bisa menjadi "lebay" bahasa gaul nya untuk mempermasalahkan (padahal masih banyak hal yang lebih penting dan urgent untuk lebih dipikirkan), solusinya menurut saya adalah kita sebagai warga negara sipil dan awam mencari titik aman saja dalam melakukan segala sesuatu (siapa juga yang tiba - tiba mau terkena masalah untuk hal yang bukan kita bermaksud untuk itu) sambil memberikan masukan kepada pihak yang berwenang untuk menambahkan undang - undang tersebut supaya bisa lebih di spesifikkan lagi, sehingga tidak ada lagi orang yang merasa terkekang untuk meng ekspresikan diri dalam hal ini logo atau background merah putih

    BalasHapus
  129. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  130. Kang Bar ini cuma cari sensasi,dari penulisan judulnya :"Kang Bar : Memasang PP facebook Bendera Indonesia melanggar UUD.No.24 Tahun 2009.dari sini aja udh ketahuan salahnya yaitu penulisan UUD cuma untuk UUD'45,selain itu cuma UU saja.dari judul saja udah salah gimana mengerti isi dari UU tersebut.banyak membaca lagi kang bar biar ga ketahuan tongkosong nyaring bunyinya bro.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama