Cara Mematikan Komputer Lewat CMD

Shutdown Komputer Lewat Command Promrt - CMD adalah singkatan dari Command Promrt, CMD ini berfungsi untuk memasukan perintah berupa teks dengan bahasa yang dimengerti oleh komputer. Kesibukan para programmer ataupun orang orang yang bekerja menggunakan komputer terkadang membuat mereka lupa untuk mematikan komputer, Padahal resiko jika anda tidak mematikan (Shutdown = Istilah mematikan dalam komputer) komputer adalah akan berkurangnya kinerja dan usia komputer. Komponen - Komponen di dalamnya dapat rusak karena dipaksa terus bekerja.

Command Promrt
Gambar CMD


Namun, hal tersebut dapat kita siasati dengan cara Mematikan Komputer dengan CMD (Command Promrt), Selain praktis CMD ini juga dapat mematikan komputer dengan waktu tertentu (Timmer Shutdown). Ini adalah salah satu solusi untuk anda yang sering lupa mematikan komputer, entah itu karena ketiduran ataupun memang lupa. Mengingat Bahaanya Komputer/Laptop di paksa bekerja 24 Jam maka kita wajib memperhatikan kesehatan komputer, ini salah satu solusinya.

Lalu bagaimana cara mematikan komputer dengan cmd? Coba simak cara berikut

Mematikan Komputer Lewat CMD

Cara ini berfungsi hanya untuk mematikan komputer saja. Maksudnya jika anda sudah memasukan perintah ini kemudian di Enter maka komputer akan langsung mati, dengan kata lain cara ini tidak menggunakan Timmer.

1. Tekan bersamaan Logo Windows + R
2. Ketikan CMD
3. Pada CMD ketikan shutdown.exe -s
4. Enter

Maka akan muncul Pemberitahuan bahwa Komputer anda akan mati

Mematikan Komputer Lewat CMD Dengan Timmer/waktu

Nah, pada cara ini komputer anda akan mati dengan waktu tertentu (Sekon/detik), cara ini paling saya rekomendasikan untuk anda yang bekerja hingga larut malam, karena dengan cara ini komputer anda akan mati dengan waktu tertentu.

1. Tekan bersamaan Logo Windows + R
2. Ketikan CMD
3. Pada CMD ketikan shutdown.exe -s -t 60
4. Enter

Angka 60 adalah berarti komputer anda akan mati pada 60 detik berlalu, jika anda ingin komputer anda mati pada 1jam lagi berarti anda harus mengganti angka 60 dengan 3600. Anda bisa ganti angka 60 dengan waktu sesuka anda. (Dengan hitungan Detik)

Menambahkan Pesan Saat mematikan Komputer

Jika anda rasa ingin menambahkan pesan sebelum komputer anda mati atau ya, sekedar pengingat sesuatu, anda bisa menambahkan pesan/komentar pada saat sebelum komputer anda mati.

1. Tekan bersamaan Logo Windows + R
2. Ketikan CMD
3. Pada CMD ketikan shutdown.exe -s -t 60 -c "Komputer ini akan mati dulu ya !"
4. Enter

perintah -c adalah commentar. jadi anda bisa mengganti kata Komputer ini akan mati dulu ya! dengan pesan atau komentar - komentar lainnya yang anda inginkan.

Membatalkan Perintah Mematikan Komputer Via CMD

Jika anda rasa tidak perlu untuk mematikan komputer lewat cmd, dan anda ingin membatalkan perintah yang sudah anda masukan via CMD tadi, lakukan cara ini

1. Tekan bersamaan Logo Windows + R
2. Ketikan CMD
3. Pada CMD ketikan shutdown.exe -a
4. Enter

cara diatas memang ampuh untuk menangani dan membatalkan perintah shutdown tadi. semoga dengan cara cara diatas anda bisa memahami 

- cara membuka cmd
- cara memasukan perintah dari cmd
- cara mematikan komputer via cmd
- mematikan komputer dengan timmer/waktu lewat cmd
- cara memasukan komentar lewat cmd
- cara membatalkan perintah shutdown lewat cmd

6 Komentar

Bagaimana Tanggapan anda mengenai Artikel Diatas ?

  1. Blm baca ya ... http://minda-schoolonlines.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. bermanfaat sekali jangan lupa mampir ya ke blog ana http://saadatulhana.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Silahkan gan, tapi jangan lupa feedbacknya :D

      Hapus
Lebih baru Lebih lama