Pengertian Lengkap Web Hosting, Dan Domain

Webmaster adalah seorang yang memiliki kemampuan dan skill yang kuat untuk mengelola serta mengurus sebuah Web. Web ini dibangun diatas Hosting dan ditandai oleh Domain web itu pribadi. Beberapa teman saya ada yang masih bingun Apa sih yang di maksud dengan Hosting, dan Domain itu? Saya pun geleng geleng kepala, Karena hal itu sulit dijelaskan dengan lisan secara langsung maka secara tidak langsung saya akan menjelaskan pemahaman saya tentang Web Hosting dan domain kedalam sebuah artikel singkat dibawah ini.

Web diibaratkan Rumah
Gambar : www.offon.blogspot.com

Hosting

Hosting merupakan tempat dimana sebuah web dikelola, dirawat, dan ditempatkan. Seperti layaknya Blog Kangbar ini yang menggunakan atau masih menumpang Hosting di Blogger.com Ya, itu dikarenakan saya sebagai admin masih kurang biaya untuk menyewa hosting atau bisa diibaratkan untuk menyewa Tanah Bangunan. Hosting ini berguna sebagai tempat menyimpannya semua data berupa Gambar, Tulisan, maupun data lainnya untuk keperluan Web tersebut. 

Domain

Domain adalah nama ataupun alamat sebuah web yang berguna untuk mengarahkan pengunjung ke Website anda. Dimana Contohnya adalah Blog Kangbar ini yang beralamat www.kangbar.tk ataupun www.kangbar.blogspot.com Domain-Domain tersebut dapat anda beli pada website penyedia domain seperti niagahoster, namechip, rumahweb, dan lain-lain. Domain ini bisa kita ibaratkan sebagai alamat rumah kita. Dimana jika kita salah menuliskan alamat domain web, maka kita akan diarahkan ke website yang lain.

Seiiring berjalannya waktu, Nama Domain-Domain yang bagus sudah punah. Maksudnya nama domain tersebuit telah dipakai oleh Website oranglain. Sebenarnya nama-nama doimain ini beragam ada yang dotCOM dotNET dotORG dotID dan yang lainnya.
- dotCOM adalah domain yang digunakan untuk website Commersial
- dotNET adalah domain yang digunakan oleh website bertemakan internet, namun dotNET pada masa ini sudah digunakan Komersial.
- dotORG adalah domain yang biasa digunakan oleh website Organisasi.
- dotID, ID adalah kode negara Indonesia. Yang artinya hanya boleh digunakan oleh website Indonesia. 

Pernah dengar kata Domain TLD, ya domain TLD adalah domain yang sudah terkenal dan banyak digunakan oleh website website ternama. Domain TLD juga dapat diartikan dengan domain dengan Harga jual tinggi. Contoh domain TLD adalah dotCOM

Hosting adalah sebidang petak tanah bangunan yang di tempati oleh Rumah (Web) yang beralamat (Domain) tertentu.



Kesimpulan

Dari pembahasan diatas dapat kita simpulkan bahwa Hosting adalah sebidang petak tanah bangunan yang di tempati oleh Rumah (Web) yang beralamat (Domain) tertentu.

2 Komentar

Bagaimana Tanggapan anda mengenai Artikel Diatas ?

Lebih baru Lebih lama