Membuat User Baru Di Linux Debian 5 (Server)

Debian merupakan salah satu varian linux yang memang enak untuk dipakai sebagai sistem operasi di dalam komputer server. Debian yang saya gunakan adalah debian 5. Namun jika anda ingin mendownload versi terbarunya mungkin sudah sampai versi 8 atau lebih. Bisa anda download di google.



Nah, untuk menghidupkan sebuah server tentunya kita membutuhkan sebuah cilent agar komputer kita bisa di sebut sebagai server. Jika sudah ada cilent, kita sebagai server yang baik harus menyediakan pelayanan yang terbaik. Namun apalah daya kita hanya sebagai manusia yang hanya mempunyai 2 tangan dan 2 kaki.

Bayangkan jika di dalam server kita terdapat ribuan cilent, tentunya kita akan kerepotan. Jadi, kita membutuhkan bantuan untuk menjalankan server ini. Jika kita sudah menemukan teman untuk membantu kerja di server kita. Kita tidak mungkin memberikan akun root (Utama) kepadanya, untuk itu kita diwajibkan membuat user baru agar teman kita bisa login dengan akunnya sendiri.

Jika anda ingin membuat user baru, silahkan simak cara berikut :

1. Login sebagai root



2. Masukan perintah adduser (nama_user)
3. Enter



4. Masukan Password > Enter
5. Masukan Ulang Password > Enter



6. Masukan Nama Lengkap  > Enter
7. Masukan Root Number (Masukan angka 1 atau bebas. Tidak di isi juga tak masalah) > Enter
8. Masukan Nomor Telepon Kantor > Enter
9. Masukan Nomor Telepon Rumah > Enter



10. Masukan Kata kata Lainnya (disi bebas aja lah, gak disi juga ga masalah) > Enter



11. Is the information correct? [Y/n] > jawab ' y '> Enter

Sip, Sekarang anda sudah bisa membuat user. Jika Ingin mencoba masuk ke user yang tadi anda buat, silahkan logout terlebih dahuli dengan mengetikan perintah logout Kemudian tekan enter. Kemudian masukan nama user > Enter, Password > Enter
akbar

Seorang Software Developer yang dengan hobi menulis.

Posting Komentar

Bagaimana Tanggapan anda mengenai Artikel Diatas ?

Lebih baru Lebih lama